DaisypathAnniversary Years Ticker

Wednesday, March 29, 2006

Mengatasi Kesedihan

Setelah posting terakhir, aku menerima email dari beberapa teman. Ada yg bilang postingannya mellow(ratih banget katanya), ada yg bilang pengin ngajak kenalan(??!!), tp aku paling tertarik sama email yg potongannya gini;
Ratih, betapa beruntungnya kamu...
Membaca tulisan ini membuatku membayangkan apa yg bisa saja terjadi dalam hidupku dulu. Tp kamu harus tau sesuatu Ratih, tak semua hal dalam hidup berjalan seperti kisahmu. Aku cuma bisa ikut bahagia untukmu, sambil berharap semoga aku juga bisa seberuntung kamu :-)
Setelah membacanya, aku mencoba memahami kenapa dia menulis ini. Pasti saat ini atau beberapa saat yg lalu dia pernah mengalami sakit hati atau kekecewaan yg dalam. Bagi siapapun yg kemarin nulis itu ke aku, aku turut bersimpati for what happened tp percaya deh bahwa hidupku juga nggak mulus.
God knows how my broken heart had sent me to the lowest spot of life. Perjalanan hidup membuatku menyadari bahwa Dia punya kuasa terbesar akan apa yg akan&telah terjadi. Hari ini aku ingin membagi tips bagaimana mengisi waktu bila masa2 sedih 'terpaksa' kita jalani;
  1. Ungkapkan kesedihan: pada hari pertama rasa sakit itu datang, pasti shock, sedih, dan hal2 semacamnya yg akan memenuhi hati kita. Saranku, ungkapkan kesedihan dengan cara yg baik(tidak merugikan diri sendiri dan orang lain), seperti menangis, menulis di blog, atau pilih cara ke-2 ini. Air mata memang tidak membuat situasi berganti, tp at least emosi kita tidak termampatkan :-)
  2. Curhat: mungkin orang menganggap remeh hal yg satu ini, tp bercerita kepada orang lain yang kita percayai akan membantu meringankan beban. Setidaknya, teman/sahabat akan membantu kita utk bisa berpikir jernih
  3. Lakukan hal yg menyenangkan: bagi Ratih, berbelanja, membeli buku2 favorit setidaknya akan membuat pikiran teralih. Intinya, pikirkan lagi utk mencoba menekuni hobby, melakukan hal2 yg membuat pikiran kita bekerja.
  4. Lihatlah mereka: yaitu orang2 yg lebih menderita dari kita. Dulu, aku senang berkunjung ke panti asuhan atau tempat lainnya. Menajamkan nurani akan membantu hati ini utk merasa "I'm so lucky to have so many wonderfull thing in life...."
  5. Dekatkan diri padaNya: benar, paling aman itu mengungkapkan semua kesedihan kita padaNya. Percaya deh, Dia tak akan membiarkan kita mengalami hal2 yg beyond our power.

Nah, itu tadi tips dari aku based on my own experience. Jangan terlalu bersedih dgn apa yg sedang kita jalani. Percaya saja bahwa apa yg sedang terjadi adalah caraNya utk menata puzzle dalam hidup kita. Bukankah kebahagiaan dan kesedihan adalah bumbu kehidupan yg harus dirasakan setiap manusia? Sedih, gagal, dan hal2 semacamnya justru membantu kita menjadi a better person, depend how we manage it.

Ok, don't be sad..bukankah hidup itu terasa indah saat kesedihan dan kebahagiaan terjelang?

11 Comments:

Anonymous Anonymous said...

nice tips...
btw, ashar kemarin kebetulan aa gym mampir ke masjid kantor sebelum ngisi di al azhar malamnya. dia memaparkan mengenai tips menghadapi masalah: siap (menyiapkan diri menghadapi segala kemungkinan), ridho (gak neko2), gak mempersulit diri, evaluasi dan mendekatkan diri pada Allah.
saya pikir point kedekatan dengan Penguasa Alam ini akan mampu menempatkan kita pada situasi apapun...

19:51  
Anonymous Anonymous said...

Lho, entry Ratih mana yg Ratih maksud? Bukannya yg trakhir itu ttg cerita pinangan indahnya Ratih? :D

Eniwe, aku ke Jkt cuma 4 hari, Ratih. Sayang sekali memang. Nggak sempat kabar2i karena itu kunjungan kejutan n setelah itu kudu setor muka sana sini :D

11:28  
Blogger shanin's mom said...

dhika: setuju banget :-)

mbak hani:emang postingan yg terakhir itu mbak...:-). Kalo aku sih nganggepnya itu bukan cerita yg bikin sedih, jadi agak kaget juga waktu ada yg meng-email kayak gitu :-)

09:08  
Anonymous Anonymous said...

Tipsnya berguna sekali Rat.. Memang kita ga bisa mengelak dari takdir hidup ya.. ada saat terpaksa harus bersedih. Kalau sedih gitu, pertama emang kerasa sakit, tapi lama2, enakan kita nikmatin aja deh sedihnya.. Saat dah bisa keluar dari kesedihan, kita jadi nambah pengalaman. Nambah kuat, dan kuat..

Have a nice day ya..

15:11  
Blogger Hide said...

makanya aku blogwalking karena bisa meraup 4 dari 5 tipsnya:D

Untuk yang ke 5 tergantung pribadi masing masing

:D

09:04  
Blogger Inayah said...

Setuju sekli Ratih..thanks buat postngannya, jadi ngingetin aku ..:) Thanks ya

07:46  
Blogger shanin's mom said...

to all; thanks utk semua masukannya ya..

Intan; menurutku sih dua2nya aja, biar lengkap :-D

08:07  
Blogger Ida Syafyan said...

Sesudah 5 tips itu, pasrah. Time will heal the brokenheart... beneran deh, manjur! (pengalaman pribadi soalnya :D)

15:42  
Anonymous Anonymous said...

Belum update nih?

20:09  
Blogger B-JOHN said...

mbakkk......thu g klo q sngat skit ati bgt...

smuanya dah q lakuin tuk ngebwat sakit ati q ilang tpi gmn yachh kok g bisa ilang2..
yang lbh bodoh dari q yaitu q truma ma seorang cew...tpi knpa kok truz qlanjutin aja hub. q ma dy ...



maju bwat mbak cz q bsa ngerasa q ini cow yang tegar...
laen ari kudu yang lbh kongkrit yaw mbak..

08:52  
Anonymous ninonk said...

ninonk...
Mbak..aku baru baca tulisannya..
Tq...ud buat aq semangat

03:39  

Post a Comment

<< Home