DaisypathAnniversary Years Ticker

Monday, February 06, 2006

Plagiator

Pasti tau lah arti dari kata di atas kan? Beberapa waktu yg lalu, aku memergoki sebuah tulisan yg dimuat di sebuah majalah. Aku ngrasa udah pernah membaca tulisan itu tapi kok anehnya penulisnya totally different sama yang aku baca sebelumnya. Karena aku kenal dgn plagiatornya, sengaja aku tanyain ke beliau itu;
"Kok kayaknya aku pernah baca ya..."
Dia jawabnya...
"Oh ya?"
Hanya itu jawabannya. Padahal, aku kenal dia(the plagiator) personally, jadi i'm so sorry that the english in those writing is much much better than the plagiator had.
Aku sebenarnya baca tulisan itu berbulan2 sebelumnya di sebuah majalah terbitan US (Digest Magazine). Kebetulan aku memang suka sekali dgn topik yg dituliskan, dan kebetulan penulis yg asli juga sangat tenar (seorang motivator terkenal).
Kok bisa sih nggak malu ngakuin hasil kerjaan orang lain? Se simple apapun tulisan itu, pasti dibutuhkan kerja otak yg cukup utk menghasilkannya. Mungkin dia lupa, you can lie when u're talking, but u can't do that in writing. I love writing as well as reading, and i'm glad that i had my own style in writing. Intinya, seburuk apapun hasil karyaku, aku masih lebih suka mempublishnya daripada hasil copian dari orang lain.
Heran deh, aku bisa se-geram ini sama plagiator. Benar2 tidak menghargai hasil karya orang lain. Utk semua plagiator wherever you are, never lie to other writer because we'll know...

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Alamaaak... jelek2 mending tulisan sendiri, deh! Ya gak, Ratih?? :D

14:37  
Anonymous Anonymous said...

Sudah kok, Ratih. Sudah muncul. Maklum pake moderasi :D

04:24  
Blogger shanin's mom said...

oh ya? syukurlah....
padahal udah aku tungguin tp kagak muncul2 :-)

08:16  

Post a Comment

<< Home