DaisypathAnniversary Years Ticker

Monday, November 06, 2006

What doctors said...

Sebelumnya; posting ini bukan sesuatu yg berisi pornografi ya.. Semua dimulai bulan Agustus lalu. Waktu itu, entah karena capek atau karena stress after merid haidku telat sampe 11 hari. Pertama sih ngiranya hamil, tp setelah pake test pack dan hasilnya (-) akhirnya aku cek ke dokter obgyn. Dari situlah aku tau bahwa; ada kista di indung telur kiri plus rahimku terbalik (retrofleksi), sehingga dokternya bilang bahwa kemungkinan utk hamil agak susah.
hiks....sedih banget dengernya, baru sebulan married dah di-judge kayak gitu :(
Begitu denger kabar itu, aku langsung cerita sm hubbie-ku. Dia cuma terdiam dan akhirnya bilang bahwa "we'll get through this....". Saking penasarannya, aku dateng ke dokter ke-2 di sebuah RS di jakarta. Anehnya, dokter yg ini malah bilang bahwa itu bukan kista tapi gumpalan pembuluh darah yg akan luruh bersama haid. Utk rahim yang retrofleksi, 1 dari 3 wanita punya rahim demikian dan tidak akan mengganggu kesuburan. Alhamdulillah...lega banget dengernya.
Setelah mendengar pendapat kedua itu, aku benar2 berhenti ketemu dokter. Apa ya? males banget, dan kalo boleh jujur, aku takut seandainya 1st opinion is the right one. Sementara jadwal haidku masih juga kacau, jadi jauh di lubuk hatiku aku 'sedikit' mengakui maybe the 1st doctor has the right diagnostic about me..
Puasa ramdhan tahun ini, ketika puasaku dah dapet 3minggu aku baru nyadar ternyata aku belom pernah batal, artinya bulan oktober itu aku bener2 nggak haid. Setelah shalat&doa, akhirnya aku mantap mau berobat ke dokter apapun nanti hasilnya. Niatku, setelah lebaran ini aku harus mulai menyehatkan diriku.
Hari ke-21 bulan ramadhan, pas aku nyari buka puasa aku mampir ke drugstore utk cari vitamin-C krn sariawan ku memang dah nambah 1 lagi. Entah kenapa aku juga membeli testpack kehamilan yg paling mahal harganya, ampun deh.... Di jalan aku mulai berpikir, something is wrong with my way of thinking. Jadi aku putuskan nggak ngasih tau suamiku, untungnya dia juga baru di lapangan.
Keesokan paginya, atau tepatnya dah hampir 40 hari aku nggak dapet 'tamu', aku coba pake test pack itu. Waktu ngeliat hasilnya...ternyata positif. Hah? Jadi aku hamil? kok nggak ada rasanya(mual, pusing, dsb)? Hal pertama yg kulakukan adl ngasih tau suami&sujud syukur. Suamiku sampe tergaga-gaga saking kagetnya. Baru 2bln yang lalu kami seperti dapet vonis hukuman, tp kemudian ada INI.
Hari ini usia kehamilanku dah jalan 8.5minggu, memang masih jauh perjalanan ini. Aku tau, banyak hal bisa terjadi, tp aku cuma ingin mensyukuri saat2 ini. Apa yg sebelumnya dibilang "susah", ternyata tidak terjadi pada kami. Bahkan ketika aku cek ke dokter, setelah di-USG dokter bahkan bilang rahimku bersih tanpa kista.
Sekali lagi, alhamdulillah...this is the best ramadhan-gift for our family:)

14 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Iyah pendapat dokter nda selalu bener tapi juga nda selalu salah, coba lihat kasus Shahnaz Haque (bener ga niy nulisnya ?) yang di jujge ga bisa punya anak ternyata punya lebih dari atu :)

Selamat yah mbak Ratih, mudah2an lancar dan sehat.

09:43  
Anonymous Anonymous said...

barakallahulakum....
Allah memang penggenggam segala kejadian.

10:11  
Blogger Er Maya said...

dokter hanya manusia biasa..

sebesar apapun kita berusaha, Tuhan lah yang menentukan segala-Nya. dan akhirnya Tuhan memberikan titipan yang terindah buat mba Ratih dan mas hubbie-nya untuk dijaga dengan baik..selamat ya mba :)

12:09  
Blogger cikubembem said...

wuaaaa... omedetou

sbaiknya sih, jangan percaya gitu aja ama omongan orang (termasuk dokter). usahakan untuk cari tahu sendiri sebelum ngomong ama dokter. jadi biar kita bisa berargumen gitu.

dulu sih ak ga punya kebiasaan kek gini. tapi, disini ak ketemu ama temen. jelas-jelas dia ga punya background pendidikan medical. tapi dia banyak baca, jadi pengetahuannya ttg penyakit tu banyak banget. jadi kasarannya, kl dia datang ke dokter, dia tu udah tahu bakal dikasih perlakuan A, B, C. bahkan dia sendiri kadang suka nyaranin kl dokternya lupa ngasih suatu perlakuan.

contoh yg gampang. penyakit toksoplasma. dokter di indonesia terbagi jadi 2 kubu. yg satu berpendapat, IgM tinggi harus diturunkan. Yg lain berpendapat, IgM tinggi gpp. Mereka nyebutnya aliran KU UI dan non KU UI hihihi. kebetulan ak udah cari info banyak ttg TORCH, jadi ketika akhirnya ak divonis kena tokso, ak bahkan udah tahu obatnya apa. malah ak jadi yg ngecek dokternya tu aliran apa hahaha. obgynku di indo ama di jepang ternyata beda aliran.

13:52  
Anonymous Anonymous said...

ada dua aliran gitu yah And hehehe... bener kt Andian, dokter suka beda pendapat lebih karna mereka beda aliran.
Dan mereka juga manusia... hmmm well, sifatnya beda2, kadang mereka gak cukup punya empati utk jelasin sejelas2nya ke pasien.. untung dokter2 skarang udah lebih enak diajak ngomong, bisa diajak diskusi dgn bahasa yg tdk tll njlimet... kalo dokternya gak kooperatif yaaa biasanya ku ganti dokter aja :p

eniwei, slamat yaaaa atas kehamilannya, moga2 sehat slalu :)

17:26  
Anonymous Anonymous said...

selamat Mbak atas kehamilannya. Semoga membawa berkah buat keluarga.

17:33  
Anonymous Anonymous said...

Selamat atas kehamilannya yah. Seneng baca postingannya yang ternyata happy ending :).
Lam kenal ya sekalian ijin boleh ngelink gak yah? tau blog-nya dari Teh Ina.

23:15  
Blogger danu doank said...

tak ada kegembiraan dan berkah yang lebih selain dititipkan sang khalik putra-putri yang soleh dan soleha. selamat ya mbak.

23:17  
Anonymous Anonymous said...

i love you ma
haru bgt baca posting yg ini
semoga semua lancar and junior jd anak yg sholeh/sholiha
semoga qt jg diberi kemudahan merawat amanahNya..
kagen banget elus perut adik:)

10:16  
Anonymous Anonymous said...

Alhamdulilah..barakallah untuk Ratih & klg. Moga si baby sehat selalu hingga persalinan nanti.
Oya, alhamdulillah..klo aku dah jalan 26 minggu ^_^ Saling mendokan ya....

Yup..dokter juga manusia biasa. Ibuku malah pernah ngalamin diagonasa sebaliknya dgn Ratih. Waktu itu beliau ngerasa asa benjolan kecil di perut. Pas diperiksain, dokter bilang beliau hamil! Ngaco banget deh :D Lha gimana gak ngaco..ibuku udah monopause..lg pula bapak sudah meninggal puluhan tahun lampau. Periksa ke dokter kedua...ternyata ada semacam timbunan lemak.

08:44  
Blogger shanin's mom said...

all; thx ya, minta doa aja biar sehat&lancer. emang bener kok, dokter juga manusia :)

mas irfan; akhirnya bisa ngasih comment juga ya?

09:03  
Anonymous Anonymous said...

selamat ya mbak ratih

22:51  
Anonymous Anonymous said...

Ratih, ni Ari dari kelas 2.5 di sma doeloe. Selamat ya, alhamdulillah udah hamil. Kapan nih due datenya? Wah, di foto kamu jadi keliatan makin bercahaya jreng! Posting terus ya tentang calon baby. Ikut doain...

21:45  
Blogger Yusuf Alam Romadhon said...

saya juga dokter... memang dokter juga manusia.. dokter mempelajari pola.. misalnya 80% gejala A 75 % gejala B dan 60% gejala C bila berkumpul maka diagnosis penyakitnya AAB..termasuk juga terapinya tidak ada yang 100%, saya sendiri juga pernah menderita varicocel (semacam varises tetapi di atas testis) metoda terapi terbaik dengan menggunakan operasi palomo...dan saat saya membaca textbook ternyata keberhasilan operasi palomo ternyata cuman 67%...akhirnya saya memutuskan menjalani operasi..dan alhamdulillah berhasil...saya punya 2 orang pangeran yang gagah berani.. itulah mbak Ratih kalo dalam agama kita, setelah kita berusaha fatawakkal 'alallaahi..Dia lah yang maha kuasa memberikan karunia kepada siapa saja yang Dia kehendaki..dan mencabut karunia-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki
salam kenal saya dr. Yusuf Alam Romadhon (general practitioner)juga penulis "10 seri Aku Ilmuwan Cilik" dan "Doctors Market Yourselves"...sampai jumpa lagi
CUL8R (see you letter)

12:11  

Post a Comment

<< Home